breaking news New

Ini Dia Sejarah Bunga Mawar dan Jenisnya

Potret perkebunan bunga mawar Potret perkebunan bunga mawar

Bunga mawar merupakan salah satu tanaman hias yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Ya, jenis bunga yang masih satu keluarga dengan Genus rosa ini memiliki ciri yakni, mahkota bunganya yang berwarna merah dan pada bagian tangkainya memiliki duri. Akan tetapi, banyak orang yang tidak tahu tentang sejarah bunga mawar dan jenisnya.

Oleh sebab itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang sejarah bunga mawar atau dalam bahasa latinnya yaitu, Rosa canina beserta dengan jenis bunga mawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Sejarah Bunga Mawar dan Jenisnya yang Dapat Diolah Sejak Dulu

Menurut catatan sejarah, bunga mawar ini telah ada sejak 35 juta tahun silam. Bunga yang dikenal akan keindahan warna daun mahkotanya ini memiliki sekitar 150 jenis spesies yang tersebar di berbagai belahan benua di dunia. Nah, pada masa era pemerintahan kekaisaran Romawi, bunga mawar ini  digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai penyakit oleh para tabib. Selain digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat segala penyakit, bunga mawar ini juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan parfum, karena, bunga mawar ini memiliki bau wangi yang khas. 

Para bangsawan kerajaan Romawi ini selalu menggunakan parfum yang terbuat dari berbagai jenis bunga mawar.Hingga kini pun, bunga mawar juga masih digunakan sebagai bahan baku pembuatan jenis parfum tertentu. Bahkan karena bau harumnya, terkadang parfum bunga mawar tidak hanya akan digunakan oleh para kaum perempuan. Namun, kaum laki=laki pun akan menyukainya.

Sedangkan, di Negeri Paman Sam sejak tahun 1867 banyak warganya berbondong-bondong untuk membudidayakan beberapa jenis bunga mawar seperti bunga mawar teh hibrida yang menjadi salah satu jenis minuman yang banyak dikonsumsi banyak orang, karena teh yang terbuat dari bunga mawar ini mengandung polifenol yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, sejak tahun 1967 pula teh mawar hibrida mulai resmi diproduksi secara massal dan juga diekspor ke beberapa negara di benua Eropa hingga benua Asia. 

Daftar Jenis-Jenis dari Bunga Mawar 

Nah, secara ekonomi, bunga mawar ini memang memiliki harga jual yang cukup fantastis di antara bunga-bunga hias lainnya. Hal ini karena pesona dari dari bunga mawar ini cukup menawan. Banyak orang mengatakan bahwa bunga mawar ini adalah “ratu para bunga hias”. Sehingga, bunga mawar ini menggambarkan tentang sisi romantis, sisi puitis, dan juga sisi kasih sayang terhadap sesama.

Maka, tak heran bila banyak orang yang ingin mengungkapkan rasa kasih sayang tersebut dengan membawa setangkai bunga mawar. Namun, tahukah Anda bahwa di dunia ini terdapat beberapa jenis bunga mawar yang banyak dibudidayakan. 

Oleh sebab itu, inilah beberapa jenis bunga mawar yang banyak dibudidayakan karena memiliki nilai harga jual yang cukup tinggi. Salah satunya adalah sebagai berikuti :

1. Mawar Merah

Jenis bunga mawar pertama yang banyak dibudidayakan adalah jenis mawar merah. Ya, mawar merah ini sudah dibudidayakan sejak abad ke 18. Banyak orang yang menggunakan bunga mawar merah sebagai ungkapan rasa sayang kepada pasangan. 

Oleh sebab itu, karena banyaknya permintaan pembelian mawar merah. Maka, sejak saat itulah bunga mawar merah ini mulai dibudidayakan.

2. Mawar Musk

Jenis bunga mawar kedua yang banyak dibudidayakan adalah jenis mawar musk. Mawar musk atau mawar putih yang memiliki nama latin Rosa moschata ini telah dibudidayakan sejak abad ke 16. Mawar musk ini sangat indah untuk Anda pandang. Memiliki daun mahkota berwarna putih dan akan mekar dari musim semi hingga musim gugur.

Mawar musk ini banyak dibudidayakan oleh petani bunga mawar hias. Karena, mawar musk  selalu mengeluarkan bau wangi yang khas. Bahkan banyak beberapa produsen parfum pun tertarik untuk memproduksi parfum khusus yang terbuat dari bunga mawar musk.

3. Mawar Kubis

Mawar kubis atau dalam bahasa latin, Rosa centifolia ini adalah jenis mawar yang banyak dibudidayakan di Negara Belanda. Mawar kubis ini memiliki perbedaan dengan beberapa jenis bunga mawar lainnya yaitu memiliki daun mahkota yang sangat harum dan juga berwarna pink. Sehingga, mawar kubis ini dijadikan sebagai salah satu bahan baku pembuatan parfum oleh beberapa industri-industri parfum yang ada di Belanda.

4. Mawar Sunsprite

Mawar sunsprite ini adalah salah satu jenis mawar yang “diciptakan” oleh seorang Reimer Kordes di tahun 1973. Jadi, bunga mawar sunsprite ini adalah hasil persilangan antara mawar. Mawar sunsprite ini memiliki karakteristik warna daun didominasi warna kuning, serta mengeluarkan aroma yang juga tak kalah wangi dengan jenis bunga mawar lainnya.

5. Mawar Eden

Mawar eden juga menjadi salah satu jenis bunga mawar yang hasil perkawinan silang antar jenis bunga mawar.Mawar eden ini pertama kali dirilis oleh seorang ilmuwan bernama Marie Luise Meilland pada tahun 1985. Untuk perawatan dan pembudidayaan mawar eden ini memang cukup sulit.

Sebab, mawar ini hanya akan berkembang saat memasuki masa musim semi hingga akhir musim panas. Selain itu, bunga mawar yang masuk dalam kategori Hall of Fame of The World Rose Societes pada tahun 2006 ini hanya mau berkembang di media tanah yang mengandung kadar air dan sinar matahari yang cukup.

Bunga mawar memang menjadi salah satu jenis bunga yang banyak akan ragam jenisnya. Sehingga, informasi tentang sejarah bunga mawar dan jenisnya ini dirasa menjadi informasi paling penting bagi Anda yang berniat untuk membudidayakan bunga mawar untuk dijual-belikan kembali. Semoga bermanfaat!