breaking news New

MAKANAN KHAS SEMARANG YANG WAJIB MINIMAL KAMU COBA SEKALI

Semarang bisa menjadi salah satu kota tujuan untuk berlibur. Pesona alam dan destinasi wisata yang ditawarkan pun beragam. Selain untuk menikmati pesona alam dan destinasi tempat wisatanya, tidak lengkap jika kita mengunjungi kota Semarang, tidak mencicipi makanan khas dari kota tersebut. Berikut daftar makanan khas kota Semarang yang wajib kamu coba.

1. Gudangan
Gudangan merupakan urapan sayur rebus dengan bumbu sambal gudangan yang sebenarnya hanyalah parutan kelapa berbumbu bawang merah dan putih, cabai merah, dan jeruk purut. Isiannya bermacam-macam, tergantung selera pembuatnya, mulai dari sayur bayam, wortel, daun singkong, kubis, kecambah, hingga kacang panjang. Untuk pelengkapnya bisa ditambahkan dengan telur rebus, rempeyek, hingga ikan gereh.

Sambal gudangan bahan-bahan yang digunakan adalah bawang merah dan bawang putih, cabai merah, perutan daging kelapa muda, kencur, jeruk purut, dan garam. Semua bahan pembuatan sambal di atas dihaluskan kecuali parutan kelapa, setelah semuanya halus nanti parutan kelapa baru bisa dicampur sampai merata.

2. Bandeng Presto
Bandeng presto merupakan olahan dari ikan bandeng yang dimasak dengan cara presto untuk menghilangkan duri atau melunakkan duri pada ikan tersebut. Dengan cara memasak seperti itu dapat membuat daging ikan bandeng semakin lembut sehingga sangat nikmat untuk disantap bersama nasi hangat dan sambal.

3. Nasi Goreng Babat Gongso
Nasi Goreng Babat Gongso merupakan nasi goreng yang ditambah dengan babat alias kulit sapi bagian lambung. Bumbu dari nasi ini adalah bawang merah dan putih, cabai merah, dan uniknya, ada terasi, serta kecap yang kental sehingga memiliki warna kecokelatan di sekelilingnya.

4. Gandos
Nama gandos mungkin agak kurang familiar di telinga kalian, hal ini dikarenakan jajanan ini termasuk jajanan tradisional dan kini jarang ada pembuatnya. Panganan ini dibuat dari tepung beras dengan campuran santan lalu diberi garam yang nantinya akan dimasukkan ke loyang sebagai cetakannya. Saat adonan dalam Loyang, maka akan dimasak dengan api yang sangat panas. Bentuk gandos sendiri biasanya setengah lingkaran dengan taburan gula di sekelilingnya.