Cara Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula, 100% Pasti Berhasil

gambar tersebut cara budidaya ikan arwana gambar tersebut cara budidaya ikan arwana

Cara Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula, 100% Pasti Berhasil

Di musim pandemi corona, banyak orang belajar tentang cara budidaya ikan arwana. Sebab, bisnis jual beli ikan arwana ini sangat menguntungkan. Sehingga, budidaya ikan berkumis ini sangat diminati karena harga jualnya yang terbilang mahal dan tetap stabil.

Bagi Anda yang baru akan memulai budidaya, maka ketahui terlebih dahulu cara dan tips ternak ikan arwana. Sebab, banyak orang gagal budidaya karena mereka tidak mengetahui cara serta tips beternak. Sehingga, banyak bibit-bibit mati dan mengalami kerugian hingga jutaan rupiah. Agar kamu tidak mengalami kerugian akibat salah dalam penanganannya.

Cara Budidaya Ikan Arwana Bagi Pemula Agar Cepat Berhasil

Cara membudidayakan ikan dengan kumis di bagian mulut ini memang dapat dikatakan gampang-gampang susah. Sebab, ikan karnivora ini membutuhkan tempat luas bila dibudidayakan secara massal. Sebagai budidayawan pemula, maka Anda wajib mengetahui cara membudidayakan ikan arwana dengan tepat agar cepat berhasil. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Siapkan Media Tempat Budidaya

Pertama, siapkan media untuk membudidayakan ikan arwana. Rata-rata, budidayawan pemula ini menggunakan kolam akuarium dengan berukuran sedang hingga besar. Pastikan kamu menggunakan sedikitnya 3 akuarium untuk membudidayakan ikan karnivora ini agar cepat berhasil.

  1. Pilih Jenis Ikan Arwana yang Akan Dikembangbiakkan

Kedua, silahkan memilih jenis ikan yang akan dikembangbiakkan. Jika kamu memiliki modal tak terbatas, maka kami sarankan untuk membudidayakan jenis super red. Sebab, jeis super red ini dibanderol sekitar 6 juta rupiah per ekor. Hanya saja, proses budidayanya membutuhkan waktu yang lebih rumit dibandingkan dengan jenis lainnya.

  1. Mencari Indukan Berkualitas

Ketiga, silahkan cari indukan ikan yang berkualitas. Usahakan mencari indukan betina dan jantan yang secara fisik terlihat sehat. Jika mengawinkan indukan yang kurang sehat, maka bibit telur arwana akan mengalami kecacatan atau mati dalam sel telur.

  1. Merawat Benih

Keempat, pindahkan telur-telur arwana yang tersimpan di mulut arwana jantan ke akuarium berbeda. Kemudian, beri makan cacing pita. Usahakan selalu mengganti air agar sel telur dapat menetas dengan sempurna.

  1. Proses Panen

Setelah kamu melewati beberapa cara budidaya ikan arwana, maka segera lakukan pemanenan. Ikan yang dapat dipanen ini dilihat dari bobot, warna sisik, dan ukuran kepala. Jika memiliki bobot ideal, warna mencolok, dan ukuran kepala cukup besar, maka ikan arwana dapat dipanen dan dijual belikan.

Ini Dia Kendala-Kendala Saat Membudidayakan Ikan Arwana

Saat memulai membudidayakan ikan arwana, terdapat beberapa kendala-kendala yang harus dihadapi. Umumnya, kendala yang kamu hadapi ini bersifat teknis. Sehingga, akan dapat menimbulkan kerugian jika tidak menemukan langkah solutifnya.

Kendala pertama tentu saja menyediakan media tempat pengembangbiakan. Sebab, ikan berkumis ini mudah mati jika kamu menyediakan akuarium berukuran kecil. Sebab, ikan ini mudah stres karena tempat ukuran akuarium ini membatasi pergerakannya. Oleh sebab itu, gunakan akuarium berukuran besar untuk menampung indukan jantan dan betina.

Kendala kedua tentu saja pemilihan pakan. Cara budidaya ikan arwana ini tidak hanya memperhatikan tentang proses pembuahan saja. Melainkan juga memilih pakan bagi bibit-bibit yang baru menetas.

Kamu bisa memberi makan cacing sutra atau cacing pita agar bibit-bibit dapat tumbuh dengan cepat. Selain itu, pemberian pakan secara teratur juga dapat menstimulus warna sisik ikan agar terlihat mengkilap.

Keuntungan Membudidayakan Ikan Arwana di Tengah Pandemi Virus Corona

Di tengah pandemi corona, banyak orang memilih untuk berwiraswasta karena terkena dampak PHK massal tempat ia bekerja sebelumnya. Untuk itu, membudidayakan hewan ternak adalah langkah tepat. Sebab, harga jual hewan-hewan ternak ini bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah untuk satu ekor.

Salah satunya adalah ikan arwana. Keuntungan membudidayakan karnivora yang hidup di air tawar ini tentu saja dari segi ekonomi. Harga untuk satu ekor saja bisa mencapai 5 juta hingga 6 juta rupiah.

Keuntungan kedua adalah masa panen. Dalam satu kali panen, kamu bisa mendapatkan puluhan arwana siap jual. Dalam satu kali masa panen, kamu bisa mendapat keuntungan hingga ratusan juta rupiah.

Arwana merupakan salah satu jenis predator air tawar yang memiliki nilai pasar cukup tinggi. Satu ekor jenis super red saja dibanderol seharga 5 juta hingga 6 juta rupiah. Oleh sebab itu, kamu bisa mencoba mempelajari cara budidaya ikan arwana guna mengisi kesibukan sehari-hari di tengah pandemi corona.